Oleh Afifah Afra

Selama ini, banyak banget di antara kita yang merasa ‘takut’ untuk berpindah kuadran menjadi pengusaha. Soalnya resikonya memang berat. Kalau usaha bangkrut, kita bisa kehilangan duit berpuluh-puluh, ratusan juta bahkan milyaran. Tetapi, menjadi karyawan pun sebenarnya nggak kalah mengerikan. Kalau perusahaan tempat bekerja kolaps, kan PHK juga.
Yang penting, jalani semua dengan serius.
Apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi pengusaha? Berikut ini langkah yang sangat sederhana, coba yuk!

1.  Coba deh, Anda amati, bagaimana uang itu mengalir. Misalnya, dari bisnis tempe goreng. Uang mengalir dari konsumen akhir, alias pembeli ke pedagang gorengan. Pedagang gorengan menyetor ke pembikin gorengan. Pembikin gorengan belanja bahan-bahan di pasar, beli tepung, tempe, minyak goreng dan sebagainya. Tempe dibikin oleh pengrajin tempe… begitu seterusnya.
2.   Dari aliran uang itu, kira-kira mana yang bisa Anda lakukan?
3.  Pelajari pasar yang bakal Anda rambah. Anda nggak mungkin jualan gorengan di dekat kantin yang rame, kan? Pasti akan saingan berat, kecuali kalau Anda yakin, gorengan itu lebih enak dan lebih murah harganya.
4.  Promosikan produk Anda itu, jangan sungkan menawarkan kepada calon pembeli. Don’t forget, kasih tahu kelebihan-kelebihannya. Misalnya, gorengan Anda itu bersih, nggak pakai minyak bekas, rendah kolesterol dll. Tapi awas, jangan pakai bohong, ya!
5.  Bikin berbagai trik pemasaran, misalnya memberi bonus gorengan gratis untuk setiap pembelian 3 potong gorengan.Jangan takut keuntungan berkurang. Untung sedikit kalau penjualan banyak kan jauh lebih bagus daripada untung sedikit dan nggak laku, haha... just kidding
6.   Jangan lupa, catat semua pengeluaran dan pemasukan. Pertimbangkan untung dan ruginya. Jangan sampai pengeluaran lebih gede dari pemasukan.
7.   Jika Anda punya bakat atau hobi tertentu, asah hobi Anda itu dengan baik. Misalnya, Anda senang memasak, asah hobi Anda sehingga bisa menghasilkan masakan yang benar-benar yummy… nanti Anda bisa merintis bisnis catering kecil-kecilan.
8.   Persiapkan mental Anda, antara lain: etos kerja yang kuat, berani melakukan kesalahan, berani mencoba, berani salah, selalu mengevaluasi pekerjaan kamu, rajin, semangat dan juga tahan banting. Oke, selamat mencoba, yaa?! 
      (pernah dimuat di majalah Gizone edisi 18).

Author image
About the Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. Nulla quis sem at nibh elementum imperdiet. Duis sagittis ipsum.

Connect with him on :

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.